Desain Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil

Desain dan Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil. Kamar mandi merupakan salah satu hal yang pokok dalam desain rumah sehat.

Advertisement

Desain Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil
RumahminimalisdesignDotCom - Desain dan Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil. Kamar mandi merupakan salah satu hal yang pokok dalam desain rumah sehat. Dengan adanya kamar mandi dalam rumah tentunya memudahkan penghuni rumah untuk mengaksesnya. Kamar mandi di dalam rumah tidak harus besar dan mewah, namun lebih memeperhatikan aspek kebersihan dan ketepatan penggunaanya. Tentu saja dengan menyesuaikan luas lahan yang tersedia.

Jika anda ingin mendesain kamar mandi yang mungil kecil tapi terkesan tepat guna, dibawah ini saya uraikan dengan gambar bagaimana penempatan-penempatanya sehingga luas lahan yang sempit bisa menjadi kamar mandi yang tepat guna. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini: Seperti gambar yang anda lihat dibawah ini, pembagian tempat secara tepat dapat setidaknya mengakali sempitnya lahan yang tersedia. Berikut,

Tips Menata Letak Interior Kamar Mandi Minimalis di Ruangan Sempit

Desain dan Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil http://www.rumahminimalisdesign.com/
  1. Bagi 2/3 ruang lahan menjadi 2 bagian, bagian yang pertama untuk tempat mandi dan yang satunya untuk BaB dan sejenisnya. sedangkan sepertiga lainnya menjadi tempat cuci muka dan tempat handuk atau yang lain. (lihat gambar atas)
  2. Pada bagian tempat mandi sebaiknya gunakan shower saja, hal ini untuk keleluasaan tubuh kita saat mandi dan tentunya menghemat tempat dan uang tentunya. 
  3. Pisahkan bagian tempat mandi dengan tempat BaB dengan material ringan dan tipis seperti plat dinding almnium atau dengan kaca satu muka di kedua sisinya dengan arah masing-masing ruang menghadap pintu, selain untuk menghemat luas ruangan, hal ini juga bisa kamuflase yang mengesankan kamar mandi terlihat luas saat membuka pintu kamar mandi. 
  4. Pasang penutup ruang tempat mandi dengan bahan ringan seperti tirai anti air atau dengan pintu tarik dari bahan plastik begitu pula dengan ruang BaB. 
  5. Material yang di gunakan sebagai sekat antar ruang dan pintu sebaiknya pilih yang anti rayap, jamur dan lumut, begitu pula dengan bahan dinding utama dan lantai.
  6. Letakkan tempat cuci muka di sisi muka pintu utama kamar mandi, hal ini untuk mempermudah akses dan ketepatan ruangan. Letakkan gantungan handuk atau gantungan baju di dinding utama kamar mandi di sisi yang berhadapan dengan tempat cuci muka. 
  7. Tempatkan tempat sabun dan alat keperluan mandi di tempat mandi di bawah shower atau di sampingnya. hal ini untuk mempermudah jangkauan dan keefisienan waktu mandi anda. 
  8. Berikan tempat sirkulasi udara di dalamnya dan sedikit sinar matahari yg berguna sebagai pengendali suhu dan juga berfungsi membunuh bakteri.
  9. Letakkan sekiranya bahan bahan (yg berbahaya bagi anak) di tempat yang lebih tinggi dari jangkauan anak anda. 
Desain dan Tata Ruang Kamar Mandi Minimalis Kecil http://www.rumahminimalisdesign.com/
Itulah beberapa tips membangun kamar mandi minimalis dengan ruang yang terbatas di dalam rumah, ikuti terus blog Rumahminimalisdesign.com untuk mendapatkan info dan tips terbaru dan semoga bermanfaat bagi anda.
gambar dari google image

Advertisement

Advertisement